Tuesday, 24 March 2015T3/24/2015 07:34:00 am

INSTALLASI OPENCART -1.5.6 DI LOCALHOST

LANGKAH - LANGKAH INSTALL OPENCART DI LOCALHOST
              Untuk membangun sebuah situs penjualan secara online atau toko online dengan mudah dan tanpa harus menguasai bahasa pemrograman, maka opencart merupakan solusinya, Content Management System (CMS) ini di desain secara simple dan mudah untuk dioperasikan, selain itu opencart juga merupakan perangkat lunak opensource yang dapat dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. 
            Opencart merupakan CMS yang simple, mudah di custom, opensource, mendukung multi bahasa termasuk bahasa indonesia, URL Search Engine Friendly, Terdapat Fasilitas Foto Tambahan, Dukungan multi pembayaran termasuk mengunakan transfer bank lokal indonesia, Mata uang dapat dirubah ke dalam bentuk rupiah, dan fitur tidak terbatas untuk produk. 
           Pastikan Anda sudah menginstall webserver lokal seperti Xampp, WAMPP, Apache dan sejenisnya. Jika belum ada file opencart dapat di download di http://opencart.com dan jika sudah ada extract Folder Opencartnya sehingga menjadi folder biasa dan copykan forder upload yang ada di dalam folder opencart ke dalam folder xampp \ htdocs kemudian rename forder sesuai dengan keinginan Anda, disini saya contohkan saya taruh di C:\xampp\htdocs\ecommerce\ karena xampp nya di install di drive C:

Jika sudah selesai, langkah selanjutnya adalah masuk ke browser dan yang paling penting adalah pastikan Web Server lokal XAMPP dalam posisi hidup atau run. Selanjutnya STEP 1 LICENSE ketikkan http://localhost/ecommerce/ karena tadi namanya folder yang ganti menjadi ecommerce, anda bisa menyesuaikan sesuai nama folder opencart anda. kemudian kasih centang pada pilihan I Agree to the license dan klik tombol  Continue.

Selanjutnya masuk ke halaman ” Step 2 – Pre-Installation”, dimana pada halaman ini berisi tabel konfigurasi sistem yang ada pada localhost, seperti sistem php, database, file dan direktori. Pastikan kalau konfigurasi sistem PHP dan MySQL semuanya memiliki status check yang berarti secara sistem aplikasi ini bisa di install, selain itu juga untuk file dan directory berstatus “Writable”. Untuk selanjutnya anda klik “Continue” untuk melanjutkan, seperti gambar yang berada dibawah ini.
Apabila pada halaman ini untuk extension cURL tidak berstatus oke atau ceklist, berarti harus edit settingan file “php.ini” pada localhost. Untuk mengeditnya, cari file yang bernama “php.ini” pada folder xampp\php. Kemudian buka file tersebut dengan notepad, cari tulisan  ;extension=php_curl.dllSelanjutnya hilangkan tanda titik koma (;) yang berada dibelakangnya, sehingga tertulis menjadi extension=php_curl.dll dan save untuk menyimpan. Selanjutnya anda restart program XAMPP Localhost, kemudian refresh browser untuk menampilkan halaman yang sama dengan status cURL tercek list dan lanjut klik “Continue” untuk melanjutkan.





Setelah klik “Continue” akan masuk ke halaman “Step 3 – Configuration”, dimana pada halaman ini adalah konfigurasi untuk menghubungkan webstore dengan database. Buatlah database pada phpMyAdmin, buka browser anda kemudian ketik http://localhost/phpmyadmin/ untuk menampilkan halaman phpMyAdmin.
Pada tutorial ini membuat database dengan nama “ecommerce”, untuk cara membuat databasenya penjelasannya sbb :

  1. Ketik nama database “ecommerce” pada field “Create New Database”, kemudian klik button “Create” untuk melanjutkan.
  2. Setelah klik “Create” selanjutnya akan muncul tulisan “Database ecommerce has been created.” yang artinya database db_opencart sudah berhasil dibuat.
  3. Setelah database berhasil dibuat, kembali ke proses instalasi halaman “Step 3 – Configuration” terdapat beberapa field yang harus diisi. Field tersebut berfungsi untuk menghubungkan antara database dengan webstore, setelah field diisi dengan data-data seperti yang ada dibawah selanjutnya anda tinggal klik “Continue” untuk melanjutkan. Data-data yang perlu diisi pada haalaman “Step 3 – Configuration berikut penjelasan dan gambarnya sebagai berikut :
    1. Database Host : localhost (host database)
    2. User : root (user untuk database)
    3. Password : bisa dikosongkan/abaikan (password database)
    4. Database Name : db_opencart (nama database)
    5. Database Previx : bisa dikosongkan/abaikan (previx database)
    6. Username : admin (username untuk website)
    7. Password : admin (password untuk website)
    8. Email : alamat email (alamat email untuk website)  
     
  4. STEP 4 FINISHED
                    Setelah klik “Continue” pada halaman sebelumnya, selanjutnya masuk ke halaman “Step 4 – Finished” yang berarti webstore dengan aplikasi CMS ini sudah berhasil terinstal. Pada halaman tersebut tertera tulisan peringatan “Don’t forget to delete your installation directory” yang berarti selanjutnya harus menghapus folder yang bernama “instal” pada xampp\htdocs\opencart atau rename menjadi uninstall.
    Setelah menghapus folder “instal”, selanjutnya bisa melihat webstore yang sudah berhasil di instal pada browser dengan alamat URL http://localhost/ecommerce atau bisa klik link “Go to your Online Shop” pada halaman “Step 4 – Finished”, sedangkan untuk masuk ke halaman admin untuk mengelola website anda bisa akses melalui alamat URL http://localhost/ecommerce/admin/ atau anda bisa klik link “Login to your Administration” pada halaman “Step 4 – Finished”.

     


    Semoga bermanfaat.


Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "INSTALLASI OPENCART -1.5.6 DI LOCALHOST"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status