Saturday, 25 April 2015T4/25/2015 10:43:00 am

CARA MENAMPILKAN DATABASE MS. ACCESS 2003/2007 YANG DI PASSWORD PADA DELPHI 2010 / 7

Selamat pagi semua. kali ini saya akan memposting cara menampilkan database ms. access yang di password pada delphi. buat para penggemar delphi mungkin sudah tidak asing lagi menggunakan database access di program delphi nya. banyak database yang bisa di gunakan di delphi, salah satu nya adalah dengan menggunakan database ms access. database ini sangat simple dan tidak sulit untuk di koneksikan dengan delphi versi apa saja. dan database ini tidak juga sulit untuk di buat. namun kelemahan dari database access adalah mudah di buka dan terbaca apabila tidak di protect / di password sehingga keamanan data nya tidak terjamin. (itu menurut saya ..hehehe... ).

nah beberapa waktu yang lalu saya pernah membuat sebuah project mengggunakan database ini pada delphi. kendalanya adalah database ini dapat dibuka dan dilihat apabila tidak di protect. akhir nya saya protect database ms. access nya untuk keamanan data saya . namun itu menjadi masalah pada saat saya koneksikan di program delphi nya. program saya error setelah saya jalankan karena database yang saya protect. akhirnya saya mencari source code agar database ini dapat terkoneksi dengan baik walaupun di password. dan saya menemukan solusinya he he he....

tanpa basa basi lagi saya akan menjelaskan langkah - langkah nya. pertama tama yang kita lakukan adalah membuat database ms. access nya terlebih dahulu. letakan database nya di sebuah folder project kita. ( usahakan letakan database nya di folder awal contoh : C:\Folder\database.mdb ). sebaiknya database access nya jangan di password dulu. lalu kita buat project delphi nya . untuk membuat project delphi nya bisa  menggunakan semua versi delphi yang anda punya. caranya kita buka delphi pilih New > VCL form application - delphi (say menggunakan delphi 2010)

selanjutnya pada form1 kita buat koneksi nya terlebih dahulu. di delphi 2010 bila menggunakan database access makan komponen yang diperlukan yaitu ADOconnection1 dan ADOtable1 untuk koneksi ke database nya. tambahkan koneksi tersebut pada form anda. selanjutnya koneksikan ADOconnection1 ke folder database nya. (lihat gambar di bawah ini ). klik 2x pada adoconnection > build > microsoft jet 4.0 OLE DB provider > next > browse path database anda. (login prompt nya di false kan )
lalu test connection nya ...apabila tidak ada error lanjutkan klik ok. selanjutnya koneksikan adotable1 pilih connection ADOconnection1 lalu pilih table name yang ingin di tampilkan. selanjutnya pada pada object inspector pilih form1 lalu klik events dan klik 2x pada OnCreate . tambahkan source  code dibawah ini :
procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
var
FileDB: string;
begin
// Tentukan letak file database anda
// Dalam hal ini database selalu berada pada folder yang sama dengan aplikasi
FileDB:= ExtractFilePath(Application.ExeName) + 'database.mdb';
// Ubah Connection string
ADOconnection1.Connected:= False;
ADOconnection1.ConnectionString:= 'Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;' +
'Data Source=' + FileDB + ';Persist Security Info=False;' +
'Jet OLEDB:Database Password="12345"';
ADOconnection1.Connected:= True;
ADOtable1.Open;
end;

nah selanjutnya ganti nama database dan password nya. sesuaikan dengan nama database dan password yang anda buat (tulisan yang berwarna hijau). untuk pengaturan tambahan di form anda bisa anda sesuaikan sesuai dengan project yang anda buat. selanjtnya klik 2x pada ADOconnection1 tambahkan code di bawah ini setelah tulisan info=false; (lihat pada gambar ).
Jet OLEDB:Database Password="12345";


jika sudah selesai simpan dulu project anda. jangan dulu di run. selnjutnya kita akan membuat password pada database ms acces nya. caranya buka database anda lalu pilih Officebutton klik open lalu cari path folder tempat database anda disimpan lalu pilih open exclusive  (lihat gambar).
selanjutnya pilih database tool  >> lalu pilih encrypt database password >> buat password anda pada kotak (password yang dibuat harus sesuai dengan yang anda buat di source code tadi. disini saya buat passwordnya : 12345 ). lalu klik ok. tutup database nya .. lalu buka kembali untuk cek password nya. apabila saat di buka diminta password artinya passsword berhasil dibuat. ( baca juga : cara membuat password di ms. acces ).

selanjutnya kembali ke project kita di delphi. buka project anda dan coba jalankan. apabila saat dirun semua berjalan tanpa ada error berarti koneksi yang kita buat sudah berhasil. (lihat gambar).
demikan tutorial dari saya. selamat mencoba. 
apabila anda ingin melihat contoh program nya dapat di DOWNLOAD DISINI.
note : klik LEWATI / SKIP AD untuk melanjutkan donwload.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CARA MENAMPILKAN DATABASE MS. ACCESS 2003/2007 YANG DI PASSWORD PADA DELPHI 2010 / 7"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status