Monday, 28 December 2015T12/28/2015 11:05:00 pm

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN KOMPUTER

Setiap orang yang bergelut dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi pasti sering berhadapan dengan computer (internet). Apalagi di zaman globalisasi sekarang ini banyak situs jejaring social seperti Facebook, twitter, friendster dan lain-lain, yang menjadikan teknologi semakin maju. Siswa SMP sekarang  sangat berbeda dengan zaman dahulu karena computer menjadi salah satu factor sarana dan prasarana yang penting dalam belajar. Tetapi perlu diingat terdapat beberapa factor yang dapat menjadikan computer berdampak positif bahkan negative.
Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.
Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.


a)      Dampak Positif
·         Supporting the process of globalization Mendukung proses globalisasi, yaitu tidak hanya membuat dunia tanpa batas dan belahan dunia yang satu seolah dekat dengan belahan dunia yang lainnya sehingga orang-orang didalamnya dapat saling menyampaikan gagasan atau memperoleh informasi dengan mudah, cepat, dan terasa dekat satu sama lain. Meskipun pada kenyataannya mereka dipisahkan oleh jarak dan waktu. 
·         Easing the process of communication, memudahkan proses komunikasi. Dengan adanya teknologi internet maka komuikasi antara seseorang dengan orang lain dapat berlangsung dengan lebih murah, cepat,  dan efisien.
·         Saving cost, menghemat biaya. Membantu komputerisasi proses-proses bisnis, sehingga beberapa proses yang  biasa dilakukan secara manual dapat dikurangi dan pada akhirnya dapat menghemat proses biaya tersebut, conton ATM, Pembayaran listrik dan lain-lain.  
·         Bridging or overcoming the cultural gap, Menjembatani  atau mengatasi perbedaan budaya, yaitu menjadi jembatan bagi masyarakat yang mempunyai perbedaan budaya untuk dapat saling berkomunikasi dan memungkinkan terjadinya pertukaran pandangan atau gagasan; peningkatan kesadaran untuk hidup rukun, serta mengurangi prasangka buruk  yang mungkin timbul sebagai akibat dari perbedaan buadaya dan cara pandang.
·         Providing more time and opportunities, menyediakan lebih banyak waktu dan kesempatan, sehingga kamputer mampu memudahkan pekerjaan manusia.
·         Providing new job, menyediakan lahan atau bidang pekerjaan yang baru misalnya menjadi teknisi ataupun operator. 
·         Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

              b)      Dampak Negatif
v  Menimbulkan pengangguran, hal ini tentu berkaitan dengan kemampuan setiap individu karena dalam penggunaan computer membutuhkan kemampuan khusus, dan untuk membutuhkan keterampilan khusus ini membutuhkan dana yang cukup besar, sehingga tidak semua orang mempunyai kesempatan mempelajarinya.
v  Memungkinkan seseorang, khususnya anak-anak untuk meniru budaya kekerasan dan budaya yang tidak sesuai dengan adat bangsa Indonesia melalui internet. 
v  Memungkinkan munculnya penipuan atau jenis kejahatan baru melalui internet.
v  Pengaruh negatif lain bagi anak, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial. 
v  Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat kerja, karena terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar monitor. Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata. 
v  Printer yang menggunakan sistim buble jet kebisingannya relatif lebihrendah bila dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat ini printer yang paling rendah kebisingannya adalah sistim laser printer. Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri. 
v  RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries). 
v  Headset atau headphone yang dipakai untuk mendengarkan suara yang dihubungkan ke komputer bisa menimbulkan masalah pada telinga. Suara yang terlalu keras dapat merusak gendang telinga. Selain itu, penggunaan headset atau headphone yang terlalu sering menyebabkan kuman-kuman yang menempel pada alat tersebut berpindah ke telinga dan menyebabkan infeksi dan gangguan pendengaran.

FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keluhan - keluhan tersebut adalah:
  • Perangkat komputer yang disediakan dirancang dan disesuaikan dengan dan untuk orang di ‘dunia barat’ yang sudah kita ketahui memiliki postur badan yang berbeda dari kebanyakan orang Indonesia.
  • Kurangnya kepedulian orang-orang yang bekerja dengan komputer. Bila keadaan terus-menerus seperti ini, akan mengakibatkan banyak jam kerja akan hilang, keuntungan perusahaan akan berkurang & biaya pengobatan akan bertambah.
  • Operator komputer bekerja selama berjam-jam dengan sikap duduk yang statis, dengan gerakan tangan yang berulang-ulang. Dengan keadaan itu saja, operator komputer meja memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mendapat cedera yang bersifat kumulatif pada otot.
  • Faktor risiko ini akan semakin tinggi dengan lamanya durasi kerja, dengan posisi duduk yang buruk, posisi leher yang salah, tempat kerja yang kurang memadai, penempatan layar monitor komputer, keyboard, atau kertas yang salah.
PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN
Untuk menghindari atau mengurangi masalah kesehatan akibat hal tersebut, hal yang dapat dilakukan adalah pencegahan dengan sikap & pengaturan kerja yang baik juga mengatur pola hidup selama & di luar jam kerja.

1.      Sesuaikan peralatan kerja setiap akan mulai bekerja, sehingga kelelahan & cedera dapat dikurangi, seperti:

-  Menyesuaikan tinggi kursi sesuai tinggi badan,
-  Meletakkan tepi atas monitor ada dalam 1 garis lurus dengan mata sehingga kepala tidak menengadah ataupun menunduk ketika melihat ke monitor,
-  Mengatur jarak monitor dengan mata ada dalam jarak membaca (sekitar 50cm) sehingga badan tidak perlu membungkuk setiap kali melihat ke monitor,
-  Mengatur ‘refresh rate’ monitor sebesar 72Hz atau lebih sehingga mata tidak cepat lelah.

2. Atur posisi badan dengan baik dan senyaman mungkin
- Pastikan punggung tersangga dengan baik oleh sandaran kursi yang empuk,
- Menggunakan sandaran telapak kaki (footrest) sehingga posisi tungkai dalam keadaan rileks,
- Lengan atas & bawah membentuk sudut 90 derajat saat mengetik,
- Kedua pangkal telapak tangan bertumpu/bersandar pada meja dan tidak menggantung,
- Menggunakan kursi dengan penyangga/sandaran lengan bawah.
- Menghindari posisi duduk yang sama selama waktu yang lama, variasikan beberapa posisi duduk yang nyaman

3. Atur visualisasi monitor
Agar dapat membaca dengan nyaman dan tidak menyebabkan mata lelah lakukan hal-hal berikut ini: - Atur setting kontras & kekuatan cahaya dari monitor, tidak terlalu terang sehingga menyilaukan mata & kontras yang mencukupi sehingga tulisan di monitor mudah dibaca,
- Menghindari adanya cahaya terang tepat di belakang atau di depan monitor,
- Memastikan penerangan di ruangan mencukupi untuk membaca buku/tulisan tercetak.


4. Atur audio sebaik mungkin
- Menggunakan & mengatur dengan tepat headphone & mikrofon (headset) yang disediakan agar dapat mendengar dengan jelas & berbicara tanpa perlu berteriak 
- Jangan terlalu lama menggunakan headset (batasi waktu pemakaian)
- Menjaga kebersihan busa headset dan mikrofon

5. Perhatikan waktu penggunaan atau pengoperasian komputer
Untuk mendukung kerja yang optimal & mencegah terkena gangguan kesehatan, disarankan untuk:
- Beristirahat selama 5 menit setiap bekerja selama 1 jam, istirahat ini tidak dapat digabungkan (gunakan waktu istirahat singkat ini untuk berjalan, melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan, atau mengambil minuman).
- Waktu istirahat yang lebih lama (15-30 menit) setiap 4 jam bekerja, gunakan untuk rileks/beristirahat & makan.
- Untuk mengurangi kelelahan mata, lihat ke luar jendela (pemandangan) atau benda yang letaknya jauh setiap 10-15 menit sekali.

6. Sesuaikan lingkungan kerja sebaik mungkin
- Cukup minum untuk mencegah dehidrasi. Kebutuhan cairan yang disarankan untuk mereka yang bekerja di ruangan ber-AC adalah sekitar 50-60cc/kgBB/hari.
- Jangan menahan kencing untuk mencegah infeksi saluran kemih atau terbentuknya batu di saluran kencing.
- Sesuaikan suhu ruangan kerja, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu yang terlalu panas akan membuat cepat lelah & emosi meningkat, sedangkan suhu yang terlalu dingin akan membuat otot menjadi kaku & lebih mudah terkena cedera.

7. Pencegahan dan penanggulangan lainnya
- Menggunakan obat yang dapat mengurangi rasa nyeri dan memperbaiki posisi duduk, sarana, dan cara kerja sehingga dapat mengurangi bahkan mencegah. Meski pekerjaan sudah dipermudah dengan banyaknya penggunaan teknologi komputer tapi janganlah seakan-akan manusia juga disamakan dengan robot. Walau dengan menggunakan obat pengurang rasa nyeri tidak dapat menghilangkan masalah, tetapi dengan penggunaan obat tersebut dapat mengurangi gejala-gejala namun jangan pula hal tersebut dilakukan secara terus menerus karena dapat menimbulkan masalah baru dengan penggunaan obat secara berlebihan.
- Jika dimungkinkan, putar musik dalam volume yang pelan untuk menghindari kejenuhan & meredam emosi.
- Tidur dalam jumlah yang cukup, sekitar 6-8 jam/hari.
- Makan makanan yang bergizi lengkap, bervariasi, & seimbang, juga cukup serat (sayuran/buah).
- Makan berat 1-2 jam sebelum mulai bekerja sehingga ada cukup energi untuk bekerja tanpa diganggu rasa lapar atau kantuk.
- Berolahraga secara teratur 2-3 kali setiap pekan. Segera berkonsultasi dengan dokter setiap kali merasakan ada gejala/keluhan di tubuh yang tidak normal sehingga dapat cepat diobati.

Dengan melakukan hal-hal di atas, gangguan kesehatan akibat bekerja dengan komputer dapat dikurangi & produktivitas/efiesi kerja meningkat.

Sumber :




Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN KOMPUTER"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status