Sunday, 4 December 2016T12/04/2016 08:33:00 pm

CARA PENGGUNAAN PROCEDURE DAN FUNCTION DI DELPHI

Salam blogger……pada postingan kali ini saya akan share cara penggunaan procedure dan function di Delphi. Sebelumnya terlebih dahulu kita akan mengenal apa itu prosedur dan fungsi terlebih dahulu. Dalam teorinya, prosedur adalah suatu operasi dimana anda meminta komputer untuk melaksanakan sesuatu, dan fungsi adalah perhitungan yang mengembalikan suatu nilai. Perbedaan ini ditekankan dengan fakta bahwa suatu fungsi mempunyai hasil, nilai balik (return value), sementara prosedur tidak. Kedua tipe rutin dapat mempunyai parameter majemuk dengan tipe data yang ditentukan.

Jika sudah mengenal apa itu prosedur dan fungsi, selanjutnya saya akan menjelaskan cara pendeklarasian procedure dan function tersebut. Ketika anda mendeklarasikan prosedur atau fungsi, maka anda menetapkan nama, jumlah dan tipe parameter yang digunakannya, dan didalam suatu fungsi, anda menetapkan tipe nilai baliknya. Bagian deklarasi ini disebut prototype, heading, atau header. Kemudian anda menulis blok kode yang dieksekusi kapan saja prosedur atau fungsi dipanggil. Bagian ini disebut body atau blok rutin.
Deklarasi Prosedur
Deklarasi prosedur mempunyai bentuk:
Procedure nama prosedur(parameterList); directives;
localDeclarations;
begin
statements
end;

Dimana Nama Prosedur adalah identifier yang valid, statements adalah deret pernyataan yang dieksekusi ketika prosedur dipanggil, dan parameterList, directives, dan local Declarations bersifat opsional.
Deklarasi Fungsi
Deklarasi fungsi adalah seperti deklarasi procedure dimana ia menetapkan tipe balik dan nilai balik.
Deklarasi fungsi mempunyai bentuk:
Function NamaFungsi (parameterlist):return Type;directives;
localDeclarations;
Begin
statements
End; 

Dimana NamaFungsi adalah identifier yang valid, returnType adalah tipe data apapun, statements adalah deret pernyataan yang dieksekusi ketika fungsi yang dipanggil, dan parameterList, directives dan localDeclarations bersifat opsional.

Blok pernyataan fungsi diatur dengan aturan yang sama berlaku pada prosedur.Dalam blok pernyataan, Anda dapat menggunakan variabel dan identifier lain yang dideklarasikan di dalam bagian localDeclarations fungsi, nama parameter dari daftar parameter, dan identifier manapun dalam scope deklarasi fungsi. Sebagai tambahan, nama fungsi sendiri bertindak sebagai variabel khusus yang menyimpan nilai balik fungsi, seperti halnya variabel terdefinisi (predefined variable) result.
LANGKAH PERCOBAAN
Siapkan form projectnya di delphi, Buat procedure ResetForm untuk menghapus isian form. Ketikkan ‘procedure ResetForm;  pada blok private/public. Tekan Ctrl + Shift + C.Ketikkan statement di bawah ini :
procedure TForm1.ResetForm;
begin
Edit1.Text := '';
Edit2.Text := '';
End;

Selanjutnya  Buat function information dan function Confirmation untuk menampilkan kotak dialog. Ketikkan ‘Function Information(P:String):Integer; dan Function Confirmation(P:String):Integer; ’ pada blok private/public. Tekan Ctrl + Shift +C. Ketikkan statement di bawah ini :
Function TForm1.Information(P:String):Integer;
Begin
Result := MessageDlg(P,mtInformation,[mbOK],0);
End;

Function TForm1.Confirmation(P:String):Integer;
Begin
Result := MessageDlg(P,mtConfirmation,[mbYes,mbNo],0);
End;
Jika sudah selanjutnya tambahkan 2 buah button untuk menjalakan perintah procedure dan fungsi diatas, pada event onclick tambahkan coding dibawah ini :
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
Confirmation(‘Data mau di reset ???’);
ResetForm
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Confirmation(Anda Yakin mau Keluar Aplikasi’);
Application.Terminate;
end;
Jika sudah sekarang coba jalankan programnya dengan menekan F9/RUN dan liat hasilnya. Demikian artikel tentang cara pnggunaan procedure dan function yang dapat saya share kali ini, semoga dapat bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CARA PENGGUNAAN PROCEDURE DAN FUNCTION DI DELPHI"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status