Saturday, 3 December 2016T12/03/2016 10:04:00 pm

MENGENAL KONSEP PEMPROGRAMAN DAN INTERFACE DELPHI

Delphi adalah sofware buatan Borland yang sangat populer. Berbeda dengan sofware Windows umumnya, Delphi bukanlah sofware aplikasi seperti MS Office atau permainan Game.Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman, Development Langunge, aplikasi untuk membuat aplikasi.Delphi digunakan untuk membangun aplikasi Windows, aplikasi grafis, aplikasi visual, bahkan aplikasi jaringan (client/server) dan berbasis Internet. Delphi sekarang sudah banyak versinya dari delphi 7,9, delphi 2010 sampai dengan Delphi XE2 - XE8 dan delphi seatle 10.

Delphi memiliki lingkungan pemrograman terpadu (IDE, Integrated Development Environment) , Dengan IDE semua yang diperlukan dalam pengembangan, dalam kondisi normal, semuanya telah tersedia.
Berikut adalah langkah-langkah menjalankan Delphi:
1. Klik tombol Star di taskbar windows
2. Pilih All Programs
3. Pilih Borland Delphi 7.0
4. Klik Delphi 7.0
Jika berhasil, akan muncul tampilan sebagai berikut:
Pada jendela utama terdapat menu-menu (bagian paling atas) , toolbar (gambar-gambar kecil pada bagian kiri bawah) yang merupakan langkah cepat (shortcut) dari beberapa menu, dan Component Palette, yaitu gudang komponen yang akan digunakan untuk membuat Aplikasi (sebelah kanan bawah).
Gambar di atas merupakan tampilan jendela Delphi 7.0. Penjelasannya sebagai berikut:
1. Jendela Utama 

Pada jendela utama terdapat menu-menu (bagian paling atas) , toolbar (gambar-gambar kecil pada bagian kiri bawah) yang merupakan langkah cepat (shortcut) dari beberapa menu, dan Component Palette, yaitu gudang komponen yang akan digunakan untuk membuat Aplikasi (sebelah kanan bawah).

2. Object Treeview
Fasilitas ini hadir bersama Delphi 6 dan 7, jadi Delphi 5 ke bawah belum memilikinya. Object Treeview menampilkan daftar komponen yang digunakan dalam pengembangan Aplikasi sesuai dengan penempatannya.

3. Object Inspector
Object Inspector digunakan untuk mengatur properti dan event suatu komponen. Semua komponen dapat diubah perilakunya menggunakan kehebatan Object Inspector. Akan tetapi anda tidak dapat mengubah langsung properti-properti yang tidak ditampilkan kecuali melalui penulisan kode program.
4. Form Designer
Semua program Windows memiliki form dan form adalah komponen utama dalam pengembangan aplikasi.Form Designer adalah tempat melekatnya komponen yang lain. Artinya, form adalah tempat komponen-komponen lain diletakkan.
5. Code Editor, Explorer dan Componen Diagram
Code Editor adalah tempat kode program yang diperlukan untuk mengatur tugas program yang ditulis berupa procedura dan function. Code Explorer adalah fasilitas yang membantu penjelajahan kode program menjadi lebih mudah. Code explorer menampilkan semua komponen, unit, konstanta dan variabel yang digunakan dalam aplikasi.
Demikian postingan yang dapat saya share kali ini semoga dapat bermanfaat bagi teman - teman yang ingin belajar tentang pemprograman delphi.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "MENGENAL KONSEP PEMPROGRAMAN DAN INTERFACE DELPHI"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status