Monday, 23 January 2017T1/23/2017 08:04:00 pm

KOMPONEN DASAR DELPHI YANG SERING DIPAKAI UNTUK MEMBUAT APLIKASI

Salam blogger….pada kesempatan kali ini saya akan share komponen komponen dasar pada Delphi yang sering digunakan dalam membuat sebuah project aplikasi dari Delphi. Software Delphi merupakan salah satu software yang dapat membuat sebuah aplikasi. Delphi merupakan sebuah perangkat lunak (bahasa pemprograman) yang gunanya untuk membuat sebuah program/aplikasi yang berbasis windows (vcl) dan berbasis linux (CLX). Delphi merupakan bahasa pemprograman yang berbasis object. Artinya semua komponen komponen yang ada di Delphi terdiri dar objek objek, adapun sebuah objek tersebut memiliki nama, property dan method atau procedure. Delphi juga bisa disebut visual programming, yang artinya komponen komponenya tidak hanya berupa text saja tetapi juga dapat berupa gambar dan grafik – grafik.

Untuk dapat memulai pembuatan project di Delphi, kita dapat menjalankan program tersebut dengan cara membuat sebuah project baru. Dan pada saat pertama kali dijalankan maka pada IDE Delphi secara otomatis akan muncul sebuah form baru yang siap kita design sesuai dengan keinginan kita tergantung project aplikasi apa yang akan kita buat nantinya.

Dalam membuat sebuah aplikasi pada project Delphi, tentunya kita memerlukan beberapa komponen yang diperlukan agar dapat menunjang tampilan dan proses dari aplikasi yang akan kita buat. Masing – masing programmer Delphi memiliki kreasi sendiri – sendiri dalam membuat sebuah aplikasi agar tampilannya menjadi lebih menarik dan nyaman saat digunakan. Nah kali ini saya akan memberikan beberapa komponen komponen dasar beserta kegunaanya pada Delphi yang sering digunakan para programmer Delphi dalam membuat sebuah aplikasi. Untuk lebih jelasnya dapat sobat simak pada penjelasan di bawah ini :
1. Label
Label biasanya digunakan untuk menampilkan text – text yang berupa keterangan dari suatu data, label sendiri juga bisa digunakan untuk memperjelas suatu maksud dari sebuah proses inputan pada Delphi. Untuk penggunaan label sendiri kita dapat mengganti namanya dengan cara mengisi sebuah karakter pada caption di object inspector.

2. Edit Text
Edit text biasanya digunakan sebagai inputan atau tempat untuk memasukan sebuah karakter baik berupa huruf ataupun angka, edit ini juga dapat digunakan untuk menampilkan suatu output dari suatu proses perhitungan ataupun suatu keterangan.

3. Button
Button ini biasanya digunakan sebagai tombol yang fungsinya untuk mengeksekusi suatu perintah, pada Delphi button yang sering digunakan diantarannya, button1, speedbutton dan bitbtn. Pada button ini biasanya sering ditambahkan koding untuk mengekekusi suatu perintah.

4. Combobox
Combobox merupakan sebuah list text box yang mana kita tidak perlu menuliskan text lagi disana karena pada combobox sudah disediakan text yang akan ditampilkan sesuai string yang dapat diatur. Combobox ini sering digunakan pada keterangan info data pilihan agama, pekerjaan, hobby dan sebagianya.

5. Radio button
Radio button adalah komponen yang hanya memberikan satu pilihan saja kepada kita pada saat mengklik salah satu opsi dari radio button tersebut. Radio button ini sendiri biasaanya digunakan untuk memberikan pilihan pada jenis kelamin. Jadi kita hanya bisa memilih laki – laki atau perempuan.

6. Checkbox
Checkbox fungsinya hampir sama dengan radio button, bedanya jika pada radio button kita hanya boleh memilih salah satu opsi saja, maka pada checkbox kita dapat memilih lebih dari 1 opsi.

7. Image
Image merupakan komponen gambar, pada komponen ini kita dapat menampilkan sebuah gambar dengan berbagaimacam format, komponen ini biasanya digunakan untuk menampilkan sebuah gambar untuk background aplikasi.

8. Datetimepicker
Date time picker biasa nya digunakan untuk tanggal lahir ataupun tanggal transaksi, karena komponen ini inputanya berupa waktu, tanggal bulan dan tahun.

9. Navigator
Navigator digunakan untuk Memindahkan posisi dari suatu record, pada umumnya navigator berupa next, last, prior dan first.

10. Dbgrid
Dbgrid merupakan sebuah table yang terdiri dari row dan columm yang fungsinya untuk menampilka record yang diinputkan dari edit text.

11. Tmemo
Memo hampir sama dengan edit text, hanya berbeda dari segi kapasitas inputan text yang dimasukan.

Itulah beberapa komponen dasar yang sering digunakan dalam proses pembuatan sebuah project aplikasi di Delphi, adapun contoh komponen yang ada diatas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Demikian postingan tentang beberapa komponen dasar yang sering digunakan oleh para programmer Delphi dalam membuat sebuah aplikasi yang dapat saya share kali ini, semoga dapat menjadi tambahan wawasan bagi sobat semua. Semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "KOMPONEN DASAR DELPHI YANG SERING DIPAKAI UNTUK MEMBUAT APLIKASI"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status