Friday, 27 January 2017T1/27/2017 09:27:00 pm

PESAN ERROR BLUE SCREEN PADA WINDOWS DAN CARA MENGATASINYA

Salam blooger…….pada psotingan kali ini saya akan share mengenai tentang kode pesan error blue screen pada windows di komputer / laptop. Blue screen pada windows biasanya terjadi karena adanya hardware dan software yang crash, atau ada kejadian yang sangat fatal sehingga system pada komputer merestart system tersebut. Ketika blue screen terjadi maka windows akan secara otomatis akan membuat minidump akan menampilkan informasi crash yang terjadi.
Informasi mengenai crash pada saat blue screen ada beberapa macam jenis nya, semua tergantung dari pesan dank ode yang tercantum pada pesan error yang  ada pada saat blue screen terjadi, untuk dapat mengatasi error tersebut kita tentunya harus mengetahui apa arti dari pessan error tersebut. Berikut ini saya akan paparkan beberapa contoh kode pesan error dan cara mengatasinya.
 - Unexpected Kernel Mode Trap (stop code 0X0000007F), error ini terjadi karena adanya memory yang cacat, kerusakan motherboard dan temperature yang tinggi
 - NTFS File System (stop code 0X00000024), error ini terjadi karena adaya masalah pada driver yang berfungsi untuk menulis dan membaca, solusinya bisa diatasi dengan mengganti hardisk sobat.
 - IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A), pesan error ini muncul karena adanya ketidak cocokan driver yang terinstall di komputer, bisa terjadi karena driver yang bentrok ataupun bisa juga karena masalah video card.
 - DATA_BUS_ERROR, pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan memori atau slot memory yang rusak pada motherboard.
 - Inaccessible Boot Device (stop code 0X0000007B), masalah ini timbul pada saat startup windows apabila pada windows tidak dapat membaca data mengenai system boot partisen. Bisa diatasi dengan cara cek settingan bios.
 - Hardware Interrupt Storm (stop code 0X000000F2), pesan ini timbul karena ada masalah pada driver.
 - NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023), Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.
 - STATUS SYSTEM PROCESS TERMINATED (0Xc000021A), Disebabkan adanya masalah pada Winlogon.exe atau pada Client Server Runtime Subsystem (CSRSS). Bisa juga disebabkan karena suatu user dengan level administrator merubah permission suatu file-file penting pada sistem Windows.
 - Registry Error (x00000051), kesalahan system configuration manager atau kesalahan manajer karena hard disk itu sendiri memiliki kerusakan fisik atau file system, sehingga di dalam register file membaca input / output erorr.
 - RDR File System (x00000027), Penyebab kesalahan ini sulit untuk dinilai, tetapi “out of Windows memory management problem” kemungkinan akan menyebabkan munculnya stop code ini. Solusinya : Jika disebabkan karena memory management, meningkatkan/upgrade memori (RAM) akan memecahkan masalah. Itulah beberapa permasalahan yang sering muncul saat windows mengalami blue screen, seperti dikutip dari laman blog i-TKJ, semoga berguna untuk anda semua.
 - System Thread Exception Not Handled(x0000007E), Kesalahan system process, tetapi Windows tidak dapat menangkap kesalahan prosesor. Banyak penyebabnya, termasuk: kompatibilitas hardware, ada masalah system driver atau system service, atau beberapa software.
 - NO MORE SYSTEM PTES (0X0000003F), Masalah muncul karena Windows kekurangan Page Table Entries (PTEs). PTEs digunakan untuk melakukan mapping RAM. Dimana mapping ini dilakukan oleh Virtual Memory Manager (VMM). Masalah ini juga dapat muncul ketika anda menggunakan beberapa monitor sekaligus.
 - KMODE EXCEPTION NOT HANDLED (0X0000001E), Biasanya masalah ini disebabkan adanya kesalahan pada driver atau service, konfilk IRQ. Apabila nama file dan service disebutkan coba uninstal software tersebut atau driver tersebut (rolling back the driver). Masalah ini juga dapat disebabkan karena kurangnya space pada disk pada saat melakukan instalasi.
 - KERNEL DATA INPAGE ERROR (0X0000007A), Masalah timbul pada virtual memory, biasanya karena windows tidak dapat membaca atau menulis data ke swap file. Kemungkinan penyebab antara lain bad sectors, virus, memory yang cacat, atau bahkan kerusakan motherboard.

Demikian postingan saya kali ini yang dapat saya share tentang beberapa pesan error yng muncul pada saat blue screen yang terjadi di windows komputer / laptop sobat, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PESAN ERROR BLUE SCREEN PADA WINDOWS DAN CARA MENGATASINYA"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status