Sunday, 19 February 2017T2/19/2017 08:46:00 pm

CARA AMAN MEMBERSIHKAN PERANGKAT KOMPUTER

Salam blogger…pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips aman membersihkan perangkat komputer / pc sobat. Membersihkan perangkat komputer sangat penting untuk menjaga kestabilan dan kinerja komputer. Komputer yang jarang dibersihkan dapat mempengaruhi performa komputer saat digunakan. Komputer dapat berumur panjang dan kinerja nya yang baik tidak hanya tergantung pada spesifikasi dan merk nya saja tetapi juga tetapi juga pemeliharan dan perawatan yang rutin dapat berpengaruh pada kinerja komputer. Bagaimanapun juga kita harus menjaga kebersihan komputer dari debu dan kotoran lainnya, karena debu dan kotoran lainnya dapat mempengaruhi kinerja komputer dan kenyamanan kita dalam menggunakan komputer tersebut.
Berikut ini saya akan berbagi tips cara membersihkan komputer dengan aman, usahakan pada saat membersihkan komputer kita berada di area terbuka agar debu tidak kembali menempel saat dibersihkan. Simak langkah – langkah nya sebagai berikut :

1. Matikan arus lisrik ke komputer

Pada langkah pertama ini kita harus melepaskan semua kabel yang terhubung dengan listrik di komputer, baik itu di CPU, speaker, monitor dan lainnya, pastikan komputer sobat sudah sudah tidak ada arus listrik yang masuk ke CPU atau pun perangkat komputer yang akan di bersihkan. Selain itu lepaskan juga kabel yang yang terhubung ke CPU seperti mouse, keyboard, LAN, printer dan lainnya.

2. Bersihkan Power Supplay

Lepas semua kabel power supplay yang menuju ke semua perangkat lain dalam komputer seperti mainboard, harddisk, DVD room dan yang lainnya . Lalu Bersihkan kipas power supplay menggunakan kuas kecil yang halus secara pelan-pelan. Lalu tiup debu menggunakan blower atau alat peniup lain. Setelah dipastikan sudah bersih, pasang kembali tutup Power Suplay seperti semula. Salah satu manfaat dari membersihkan kipas Power Supply adalah untuk mestabilkan temperatur panas dalam power supplay. Kipas yang terlalu kotor karena tertutup debu membuat putaran kipas bergerak lambat sehingga power supplay menjadi cepat panas.

3. Bersihkan motherboard

Setelah perangkat lain dilepas dari CPU dan dibersihkan, bagian CPU yang masih tertinggal dan menempel di casing adalah motherboard. Lepaskan semua baut pengikat menggunakan obeng dengan hati-hati. Jangan teledor dan lengah agar obeng tidak sampai merusak motherboard. Angkat dari casing, lalu bersihkan menggunakan kuas halus secara pelan-pelan dan tetap berhati-hati. Kalau tidak yakin, lebih baik tiup debu dan kotoran lain yang menempel pada permukaan motherboard menggunakan blower dengan sedikit kuat hingga benar benar bersih. Lakukan juga hal ini pada sisi belakang motherboard.

4. Bersihkan CPU

Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke motherboard seperti kabel CD room, harddisk serta RAM dari tempatnya. Bersihkan semua debu dan kotoran lain yang menempel pada perangkat tersebut menggunakan kuas atau lap halus. Khusus untuk RAM, periksa juga konektor yang berwarna kuning keemasan. Bila terlihat kurang mengkilap, bersihkan dengan menggunakan penghapus pensil sampai mengkilap.

5. Bersihkan LCD / Monitor Komputer

Mengapa? Kotoran, debu, dan jari cetakan dapat menyebabkan layar komputer akan sulit untuk dibaca. Prosedur: Tidak seperti monitor komputer, layar LCD / flat-panel tidak terbuat dari kaca, karena itu memerlukan prosedur pembersih khusus. Ketika membersihkan layar LCD adalah penting untuk ingat untuk tidak menyemprotkan cairan apapun ke LCD secara langsung, tekan dengan lembut saat membersihkan, dan jangan menggunkan kertas tisu karena dapat menyebabkan LCD menjadi tergores. Untuk membersihkan layar LCD kami sarankan Anda menggunakan kain microfiber atau kain katun lembut. Jika kain kering tidak sepenuhnya membersihkan layar, Anda dapat menuangkan alkohol ke kain dan usap layar. Alkohol umunya digunakan untuk membersihkan LCD sebelum meninggalkan pabrik. 

Jika langkah diatas sudah dilakukan, selanjutnya biarkan terlebih dahulu perangkat yang dibersihkan tersebut benar  benar bersih dan kering, jika semua perangkat komputer sudah benar benar bersih dan kering maka tahap selanjutnya adalah merakit kembali perangkat komputer tersebut. Hal yang pertama yaitu memasang processor pada tempatnya. Jangan lupa untuk mengoleskan thermal pada semua permukaan processor secara tipis dan merata. Kemudian pasang heatsink pada dudukannya. Jangan lupa juga untuk mengoleskan thermal paste pada bagian bawah heatsink. Pastikan semua baut pengikat mengikat dengan benar. Setelah itu, pasang motherboard dan perangkat lain seperti semula dengan urutan terbalik pada saat membongkarnya.

Jika dipastikan semua perangkat sudah terpasang dan tersambung secara benar. Dalam keadaan tutup masih casing belum dipasang, nyalakan komputer dan lihat proses yang berjalan.  Bila masih ada yang belum normal silahkan periksa kembali, barangkali ada yang belum terpasang secara benar. bila semua sudah normal, berarti semua sudah beres. Tutup casing siap dipasang. Matikan dulu komputer kemudian lepas semua kabel yang terhubung ke CPU. Lalu pasang casing dan kencangkan baut. Sambungkan kembali semua kabel seperti kabel listrik, kabel VGA atau kabel monitor, kabel mouse, kabel keyboard, kabel LAN, kabel speaker dan yang lain kalau memang ada. Sekarang komputer sobat siap digunakan.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CARA AMAN MEMBERSIHKAN PERANGKAT KOMPUTER"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status