Thursday, 16 February 2017T2/16/2017 09:05:00 pm

FUNGSI DAN CARA PENGGUNAAN DATA MODULE DI DELPHI

Salam blogger….pada kesempatan kali ini saya akan share tentang fungsi dan kegunaan data module di program Delphi. Untuk sobat yang biasa menggunakan program Delphi tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan data module, tapi bagi para pemula pengguna program Delphi tentunya mungkin sedikit asing ketika mendengar kata data module, sebenar nya apa itu data module, data module adalah sebuah form non visual yang biasanya diisi dengan komponen non visual (biasanya komponen database) yang kemudian akan fungsinya akan dibagikan ke banyak form daam suatu project aplikasi. Form non visual ini dapat diartikan adalah form yang tidak ditampilkan dalam aplikasi ketika program dijalankan, salah satunya adalah form data module.

Data module ini biasanya digunakan dalam pembuatan project aplikasi yang yang membutuhkan banyak pengelolaan database di dalam aplikasi tersebut. Karena jika kita menggunakan data module kita dapat menyimpan beberapa komponen database dalam satu form untuk kemudian di gunakan ke beberpa form lain dalam satu project aplikasi yang dibuat. Didalam form data module kita dapat menyimpan komponen database baik itu untuk connection, table, query, datasource dan lain sebagainya. Tujuan  dari penggunaan data module ini adalah untuk mempermudah hubungan connection antar form dan juga menghemat penempatan komponen database. Jika kita mempunyai banyak form dalam satu project aplikasi, kita tidak perlu menempatkan komponen database disemua form yang kita buat, kita cukup menempatkan komponen database tersebut di form data module. 
Selanjutnya adalah bagaimana cara penggunaan nya di Delphi, untuk dapat menambah kan data module di Delphi cara nya adalah buka project Delphi sobat lalu pilih file > other. Maka akan muncul jendela new item lalu pilih lagi Delphi files > data module > ok. Maka akan muncul form datamodule, maka selanjutnya kita tinggal menambahkan komponen database yang kita perlukan dalam aplikasi, misalnya kita bisa menambahkan komponen adoconnection, adotable, adoquery, data source. Atau jika menggunkan komponen zeos kita juga bisa menambahkan komponen zconnection, ztable, query ataupun komponen database lainnya. Untuk penggunaan nya misalnya kita mempunya 2 buah form yang menggunakan komponen database yang sama, jadi kia hanya perlu menggunakan unit data module untuk form tersebut tanpa harus menambahkan komponen database di masing – masing form. 
Demikian artikel saya kali ini tentang fungsi dan cara penggunaan data module di Delphi yang dapat saya share, semoga dapat menambah wawasan yang bermanfaat bagi sobat semua dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "FUNGSI DAN CARA PENGGUNAAN DATA MODULE DI DELPHI"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status