Sunday, 5 February 2017T2/05/2017 08:07:00 pm

PENGERTIAN DAN TIPS MEMILIH VGA CARD UNTUK KOMPUTER

Salam blogger…..pada kesempatan kali ini saya akan share tentang VGA pada komputer, disini saya akan membahas tentang apa itu VGA, bagaimana cara memilih dan menentukan VGA, dan tips cara memasang dan mengoptimalkan VGA di komputer sobat. VGA card adalah sebuah hardware / perangkat keras yang melakukan proses output berupa visual yang ditampilkan ke layar monitor. VGA ( video graphic accelerator) ini fungsinya berhubungan dengan tampilan di layar monitor. VGA Card ini biasanya ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer. VGA ini memiliki prosesor yang disebut GPU atau Graphic Processing Unit ditambah dengan memory yang ada di dalam nya.

Jenis – Jenis VGA Card

VGA card terbagi menjadi dua jenis yaitu VGA Card On board dan VGA card Add On. VGA On Board ini bisa sobat jumpai pada semua motherboard komputer yang anda beli, VGA ini sendiri di gunakan untuk menampilkan output ke layar monitor. Sedangkan VGA add on biasanya digunakan untuk melakukan pemprosesan grafis tingkat tinggi, VGA add on ini bisa ditambahkan jika sobat rasa VGA On board pada komputer anda kurang maksimal. VGA add on ini biasa nya digunakan oleh para editor desain grafis, Pemain Game 3D, editor film dan sebagainya yang membutuhkan output grafis tingkat tinggi.

Kelemahan dan kelebihan masing-masing VGA Card

VGA Card on-board memiliki kelebihan yaitu sudah satu paket dengan motherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer anda ketika digunakan. anda membeli motherboard, pasti sudah terpasang VGA Card on-board. Tentu saja ini sangat baik untuk anda yang memiliki budget terbatas dalam pembelian komputer. Sementara kekurangannya adalah VGA Card on-board tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibat “pemotongan” memori utama CPU atau laptop anda yang dikenal dengan RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.
Sedangkan untuk VGA Card add-on, kelebihannya adalah bisa melakukan pekerjaan rendering berat dan tidak memakan memori utama atau RAM dalam CPU. Proses yang melibatkan grafis tidak akan membebani prosesor dan komputer anda akan lebih cepat dalam memproses sesuatu. Sedangkan kelemahannya adalah harganya mahal, bahkan bisa lebih mahal dari seperangkat motherboard ditambah dengan prosesor dan RAM. Selain itu, kelemahan lainnya adalah membuat komputer anda membutuhkan tenaga listrik lebih besar dari biasanya. Jika anda memiliki power supply yang kapasitasnya tidak besar, maka kinerja komputer tidak akan normal, sehingga anda diharuskan mengganti power supply dengan yang lebih tinggi dan tentu saja ini harganya tidak murah.

Cara Memilih VGA Card

Berikut ini adalah sedikit tips Dalam memilih VGA card yang akan anda gunakan, sebelum menggunakannya sebaiknya anda harus mempertimbangkan kebutuhan anda dan perangkat yang anda miliki. 

1. Memastikan Kegunaan Komputer

Yang Pertama adalah anda harus memastikan untuk apa kegunaan komputer anda tersebut. Jika kegunaannya lebih banyak grafis, maka ada baiknya anda memilih VGA Card yang memiliki chip memori tersendiri. Hal ini dikarenakan program-program yang berkaitan dengan grafis dapat diproses oleh VGA Card, tanpa atau hanya sedikit melibatkan prosesor, sehingga dapat membuat komputer anda lebih nyaman digunakan. Hal yang sama berlaku untuk anda yang merupakan penggemar game, pengedit film atau pembuat multimedia animasi dan segala hal yang berhubungan dengan grafis. Namun jika anda lebih banyak menggunakan komputer untuk aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, VGA card yang “hanya” bisa menampilkan gambar di monitor sudah cukup.

2. Mempertimbangkan kondisi monitor

Yang Kedua adalah mempertimbangkan monitor anda. Jika anda menggunakan monitor LCD atau LED, anda pastikan bahwa VGA Card yang anda beli dapat mendukung resolusi yang dimiliki oleh monitor tersebut. Hal ini agar gambar yang ditampilkan bisa menjadi sangat realistis. Jika monitor yang anda gunakan adalah jenis CRT (Cathode Ray Tube), maka cukuplah bagi anda untuk memilih VGA Card yang memiliki kekuatan resolusi maksimal monitor anda. Hal ini dikarenakan pada umumnya resolusi monitor CRT tidaklah tinggi.

3. Kebutuhan Grafis

Yang ketiga, jika anda sudah menentukan kebutuhan anda ternyata grafis berat, yang harus diperhatikan adalah keberadaan GPU atau Graphic Processing Unit pada VGA card yang akan anda pilih. GPU ini berupa sebuah chip yang memiliki fungsi seperti prosesor utama pada motherboard. Keberadaan GPU ini akan mengurangi kinerja prosesor utama atau CPU dengan mempercepat pengolahan data grafis dalam beberapa pipeline. Jika prosesnya makin cepat, maka tampilan di layar monitor pun akan sempurna. Saat ini VGA Card sudah banyak yang memiliki dual GPU atau bahkan quad GPU untuk mendapatkan hasil grafis yang optimal.

4. Stabilitas Penggunaan

Hal keempat yang harus anda perhatikan adalah GPU menghasilkan panas akibat listrik yang mengalir dalam proses data. Anda harus memperhatikan keberadaan heatsink dan kipas pendingin. Pilih yang sebaik mungkin, utamanya yang memiliki variable cooler, yakni yang putaran kipas pendingin dapat menyesuaikan dengan temperatur. Yakni ketika temperatur GPU tinggi, kipas berputar cepat dan begitu sebaliknya.

5. Jenis Slot motherboard

Yang kelima adalah perhatikan jenis slot motherboard yang anda miliki. Tidak semua motherboard memiliki slot yang sama untuk VGA Card. Mungkin saja motherboard anda tipe lama dengan slot AGP (Advanced Graphic Port) atau motherboard anda termasuk jenis baru dengan tipe slot PCIe (Peripheral Computer Interface express. Masing-masing memiliki kecepatan dan juga bentuk yang berbeda. Sehingga anda tidak bisa saling menukar diantara keduanya.

6. Kapasitas power supply

Yang keenam dan paling penting harus anda perhatikan adalah kapasitas power supply yang anda gunakan pada komputer anda. VGA Card yang tinggi membutuhkan daya yang tinggi pula. Anda harus memperhatikan berapa keluaran daya minimal power supply yang diperlukan oleh VGA tersebut dengan memperhatikan spesifikasi atau menanyakan kepada penjualnya. Jika power supply anda tidak dapat mencukupi, maka komputer anda tidak akan pernah bisa dihidupkan.

Tips Penggunaan VGA Card

Tidak Semua Komputer (CPU) dapat mensupport graphic pada aplikasi seperti Auto Cad dan Games yang menpunyai 3D Graphic yang tinggi. Kebanyakan games maupun aplikasi desain graphis pada zaman sekarang mempunyai graphic yang tinggi. Jika hanya mengharapkan VGA pada on chip standard motherboard. Sudah pasti aplikasi maupun games tidak dapat di install. Jika bisa pun performance CPU menurun. Langkah untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mengupgrade kan Komputer (CPU) dengan memasukkan Graphic Card. Terlebih dulu Anda harus mengenali Graphic Card Dipasaran.

Ada 2 Jenis VGA Card Slot yaitu :

1. Jenis AGP Slot

VGA Card jenis ini hanya untuk motherboard jenis lama seperti motherboad untuk prosesor Pentium 4. Jenis Motherboard untuk VGA Card AGP ini biasanya port Slot nya berwarna coklat.

2. Jenis PCI-E Slot

VGA Card jenis PCI-E ini untuk Motherboard terbaru yang beredar di pasaran. Pebedaannya ada pada slot emas graphic card. Jenis AGP lebih pendek dan mempunyai 2 garisan border di tengah.
Motherboard untuk VGA Card PCI-E ini banyak di pasaran dibandingkan dengan Motherboard untuk VGA Card AGP.

Cara memasang VGA Card :

  1. Buka Casing, dan akan terlihat Motherboard CPU

  2. Pastikan VGA Card yang benar dan masukkan VGA Card dengan hati-hati mengikut Port yang benar.

  3. Masukkan VGA Card dengan rapat dan ketatkan dengan skrup.

  4. Setelah selesai semua, tutup casing CPU. Tukar Plug monitor yang berwarna biru ke Port Socket VGA Card yang baru di pasang tadi.

  5. Nyalakan Komputer dan Install driver VGA Card ke dalam system. Biasanya VGA Card baru akan diberi CD Driver.

Demikian postingan saya kali ini tentang pengertian dan tips pemasangan VGA Card di pc /komputer, semoga dapat membantun bermanfaat bagi sobat semua dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "PENGERTIAN DAN TIPS MEMILIH VGA CARD UNTUK KOMPUTER"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status