Monday, 27 February 2017T2/27/2017 09:51:00 pm

PENGGUNAAN KOMPONEN DELPHI DALAM MEMBANGUN APLIKASI

Salam blogger….pada postingan saya kali ini saya akan membahas tentang komponen umum yang ada di Delphi dan penggunaan nya dalam membangun sebuah aplikasi. Delphi merupakan sebuah bahasa pemprograman yang fungsi nya untuk membangun sebuah aplikasi. Delphi bisa dikatakan sebuah aplikasi yang dapat membuat aplikasi, Delphi dapat digunakan untuk membangun aplikasi windows, aplikasi grafis, aplikasi visual, aplikasi jaringan (client/server) dan berbasis internet. Dalam software Delphi telah disediakan komponen komponen yang dapat digunakan dalam membangun sebuah aplikasi.
komponen-komponen ini untuk membuat antar muka dengan pengguna, mengakses data disuatu database, mencetak ke printer, dan berbagai keperluan lain dalam pengembangan aplikasi.Meskipun Delphi mempunyai banyak komponen, ada saat-saat tertentu sobat tidak memerlukan komponen atau karena komponen tersebut tidak ada, misalnya untuk menampilkan sebuah jendela pesan, praktikan tidak harus menggunakan komponen, cukup memanggil salah satu fungsi ShowMessage, MessageDlg atau MessageBox. Komponen-komponen tersebut diletakan pada Component Pallete, seperti terlihat pada gambar berikut:
Gambar diatas memperlihatkan berbagai komponen yang dimiliki Delphi. Komponen-komponen tersebut dibagi dalam beberapa halaman (tab) sesuai jenis penggunaannya.Komponen-komponen di dalam tab Standard dan Additional biasanya digunakan untuk membangun Aplikasi umum di Windows, sedangkan komponen-komponen pada tab BDE khusus digunakan untuk akses database yang dibuat dengan Borland Database Desktop.  Dalam pengembangan aplikasi Windows praktikan tidak dapat lepas dari komponen utama Delphi. Komponen ini merupakan penampung komponen-komponen lain.Praktikan meletakan komponen Button, Edit, Label dan lainnya diatas form. Komponen form tidak terdapat pada component pallete tetapi otomatis disiapkan oleh Delphi begitu praktikan membuat aplikasi baru melalui Menu -> File -> New -> Application. Berikut ini saya akan menjelaskan tentang klasifikasi komponen Delphi tersebut dan fungsinya :

1. Komponen Tombol

Komponen yang termasuk kelompok tombol adalah button, BitBtn dan SpeedButton. Button merupakan kontrol tombol pertama yang diberikan Delphi, digunakan mewakili tugas tertentu. BitBtn adalah pengembangan dari button, memiliki properti Glyph sehingga tombol dapat mempunyai gambar kecil (Icon). BitBtn juga mempunyai properti ModalResult yang dapat digunakan untuk mengetahui tombol apa yang ditekan di atas form berdasarkan nilai modal yang dikembalikan. Kontrol SpeedButton biasa digunakan sebagai toolbar, juga mempunyai properti Glyph. Selain itu, tombol ini mempunyai properti flat sehingga tombol terkesan rata dengan form dan transparent untuk membuat tombol tembus pandang, tampilan form tidak terhalang oleh SpeedButton.

2.  Komponen Masukan Teks

Komponen form sebenarnya dapat digunakan untuk menerima masukan teks dari pengguna.Caranya adalah dengan memanfaatkan event OnKeyPress. Saat pengguna aplikasi menekan tombol keybord, program mencegat event tersebut dan memeriksa tombol yang ditekan, jika A sampai Z atau 0 sampai 9 dan karakter-karakter lain, maka tulis masukan tersebut di form namun ini bukan cara yang baik dan sangat jarang dilakukan. Delphi menyediakan komponen siap pakai yang dapat digunakan untuk menerima masukan teks (bertipe string), misalnya untuk membangun sebuah teks editor sederhana.Komponen yang termasuk komponen masukan teks adalah komponen edit, LabelEdit, MaskEdit, Memo dan RichEdit.

3.  Menentukan Pilihan

Terdapat beberapa kontrol standard yang dapat digunakan untuk menampilkan beberapa pilihan yang selanjutnya dipilih oleh pengguna. Kemudian, berdasarkan pilihan tersebut suatu tindakan tertentu dilakukan oleh aplikasi. Yang termasuk dalam komponen menentukan pilihan adalah komponen Checkbox, radiobutton, Komponen Groupbox, RadioGroup.

4  Daftar Banyak Pilihan

Pada saat banyak pilihan yang ingin diberikan kepada pengguna, RadioButton dan Checkbox menjadi tidak tepat digunakan. Jumlah RadioButton dan CheckBox pada satu kelompok pilihan biasanya tidak lebih dari 5 atau 6, untuk menghindari ketidaknyamanan user-interface, pada saat banyak pilihan yang diberikan, anda dapat menggunakan Komponen ListBox, ComboBox, CheckListBox, ComboboxEx, ColorBox, ListView dan TreeView.

5.  Range

Delphi menyediakan beberapa komponen yang berhubungan dengan pemilihan nilai dalam suatu range (cakupan) tertentu. Range dapat digunakan untuk menerima masukan numerik dan pilihan dari daftar yang diberikan.Komponen kelompok ini adalah Scrollbar, TrackBar, ProgressBar, UpDown, PageScroller dan ScrollBox.

6.  Komponen MainMenu dan PopUpMenu

Praktikan dapat membuat aplikasi yang mempunyai menu seperti kebanyakan aplikasi di Windows.Penggunaan menu menghindari banyaknya kontrol button yang bisanya sebagai perwakilan suatu tugas tertentu.Delphi memberikan dua kontrol untuk pembuatan menu, MainMenu dan PopUpMenu. MainMenu digunakan untuk membuat menu drop-down yang tampil pada bagian atas jendela aplikasi. Menu yang ditampilkan hanya menu utama, sedangkan sub-menu akan ditampilkan pada saat menu utama di-klik oleh pengguna. Selain itu untuk Delphi terbaru komponen menu dapat dibuat dengan menggunakan ribbon control.

Demikian postingan saya kali ini tentang jenis komponen umum yang ada di Delphi dan klasifikasi penggunaan nya dalam membuat sebuah aplikasi, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua dan selamat mencoba.
baca juga : komponen tambahan delphi yang sering digunakan.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PENGGUNAAN KOMPONEN DELPHI DALAM MEMBANGUN APLIKASI"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status