Thursday, 2 February 2017T2/02/2017 08:24:00 pm

PESAN ERROR YANG SERING TERJADI DI PROGRAM DELPHI

Salam blogger…..pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang jenis kesalahan (error) yang sering terjadi pada pemprograman Delphi. Untuk seorang programmer, kata error merupakan kata yang sangat menyeramkan karena hal ini berarti bahwa ada Sesuatu yang salah dalam proses pembuatan program. Untuk hal tersebut ada baiknya bagi seorang programmer untuk mengetahui apa yang menyebabkan error tersebut pada program yang dibuatnya, hal ini dilakukan agar kita dapat mengalisis dan mengetahui permasalahan error yang terjadi pada program tersebut.
Pada postingan kali ini saya akan mengulas beberapa jenis kesalahan (error) pada program yang sering dialami oleh programmer Delphi dalam membuat sebuah program. Jenis kesalahan (error) tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Syntax Error

Syntax error merupakan jenis kesalahan yang terjadi akibat statement atau perintah yang di buat / diketik menyalahi aturan pengkodean bahasa program Delphi. Contohnya pada pengkodean program Delphi setiap perintah harus diakhiri dengan tanda titik koma (;), jika kita lupa menuliskannya maka program akan menampilkan pesan sintax error pada program saat dijalankan. selain itu setiap bahasa program juga memiliki keyword baku yang sering digunakan diantaranya IF, for, while, case, or , not, do dan sebagainya. Sehingga kita harus benar benar menuliskannya secara tepat dan penempatan yang sesuai dengan aturan tersebut, jika tidak maka pesan sintax error juga akan muncul.

2. Kesalahan pada parameter

Kesalahan penulisan pada parameter juga sering dialami para programmer Delphi dalam membuat sebuah program, misalnya jika kita salah dalam menuliskan parameter pada procedure atau function maka pesan kesalahan pada parameter juga akan muncul pada saat program dijalankan.

3. Missing operator or semicolon

Pada pesan error seperti ini biasanya terjadi apabila pada saat kita menuliskan statement / perintah kode program kita lupa memasukan tanda baca titik koma (;) pada baris perintah kode program tersebut.

4. Undelaration

Jika menemukan pesan error undelaration pada Delphi sobat, biasanya kita lupa mendeklarasikan variable awal pada program, untuk mengatasi nya kita hanya perlu menambahkan / mendeklarasikan variable tersebut pada posisis tepat diatas implementation.

5. Run time error

Jenis kesalahan run time error ini muncul biasa nya ketika terjadi kode program yang meakukan sesuatu tindakan yang tidak memungkinkan, contohnya jika sebuah program diperintah untuk mencoba mengakses sebuah file, tetapi file yang diakses tersebut tidak ada. Bisa juga terjadi karena penempatan path file yang tidak tepat.

6. Logical error

Jenis kesalahan ini merupakan jenis kesalahan yang disebabkan karena kesalahan yang dibuat oleh programmer dalam mendeklarasikan perintah program, karena logical error berjalan tanpa memunculkan pesan kesalahan, contohnya aplikasi mengeluarkan hasil dari program yang tidak diharapkan atau aplikasi yang dibuat menghasilkan perhitungan yang salah. Kesalahan seperti ini dapat diatasi dengan cara memeriksa alur program dan nilai dari variable yang dibuat.  

Demikian postingan saya kali ini tentang beberapa pesan error yang sering terjadi pada Delphi, saran dari saya pahami dengan teliti tiap pesan error yang muncul pada program sobat, agar sobat dapat menganalisa dan memperbaiki kesalahan atau error tersebut, semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PESAN ERROR YANG SERING TERJADI DI PROGRAM DELPHI"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status