Wednesday, 19 April 2017T4/19/2017 11:46:00 pm

CARA KOMPRES FILE EXE HASIL COMPILE DELPHI

Salam blogger……pada kesempatan kali ini saya akan share cara mudah kompres file exe hasil compile Delphi menggunakan tools UPX. Terkadang dalam membuat sebuah project aplikasi di Delphi, compile file exe yang dihasilkan biasanya memiliki size /ukuran yang cukup besar, apalagi jika dalam suatu project yang kita buat memiliki banyak form dan komponen yang cukup banyak. Untuk form kosong saja pada software Delphi jika di compile maka akan menghasilkan size file exe sekitar 3mb – 5mb, tentu dapat dibayangkan apalagi jika form tersebut sudah di tambahkan komponen lainnya, tentunya size yang dihasilkan akan bertambah besar tentunya.

Nah untuk mengatasi permasalahan di atas, pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan trick memperkecil ukuran file exe dengan menggunakan coding program, maka disini saya akan memberikan sedikit trick untuk memperkecil / kompres file exe dari hasil compile Delphi di project sobat dengan tools. Disini kita akan menggunakan sebuah tools yang bernama UPX (Universal Packer for eXecutables). Tools ini berfungsi untuk meng kompres file exe yang dihasilkan dari program tertentu, bisa itu dari Delphi ataupun dari VB (visual basic). Jika sobat belum memiliki nya sobat dapat download tools nya disini. Jika sudah memiliki tools ini maka sobat dapat melakukan langkah – langkah dibawah ini

Adapun langkah – langkah penggunaan UPX adalah sebagai berikut :

1. Extract tools upx yang sudah sobat download sebelumnya

2. Lalu selanjutnya copykan file upx yang sudah di extract sebelumnya ke directory C: D: E: pada komputer/pc sobat(pilih salah satu, disini saya mencontohkan /dicopy ke directori E:\)

3. Langkah selanjutnya copy juga file exe project hasil compile Delphi sobat ke directory yang sama dengan lokasi file upx sobat sebelumnya(lihat gambar)

4. Pada gambar diatas saya mempunyai file yang bernama RENTAL.exe dengan ukuran sekitar 3mb

5. Lalu langkah selanjutnya buka command prompt sobat di pc sobat, cara nya klik icon windows di pojok kiri lalu pada pencarian ketikan cmd lalu tekan enter.

6. Jika sudah muncul jendela command prompt lalu ketikan E: (silahkan disesuaikan dengan direktori tempat meletakan file upx dan exe sobat) lalu tekan enter

7. jika CMD menunjuk ke lokasi E: lalu ketikan UPX[spasi]RENTAL.exe (nama file RENTAL merupakan nama file exe hasil compile Delphi sobat). Lalu tekan ENTER. (lihat gambar).

8. Tunggu sampai proses selesai, jika proses sudah selesai makan pada layar cmd sobat akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya sobat dapat melihat kembali file yang sudah di kompres td pada direktori tempat sobat meletakan file exe nya, lalu liat perubahan ukuran size nya, pada file exe saya di tutorial ini hasil size exe nya berkurang menjadi 1mb saja yang ukuran sebelumnya 3mb. (lihat gambar dibawah)
Demikian artikel saya kali ini tentang cara mudah kompres file exe hasil compile Delphi dengan menggunakan UPX yang dapat saya share, mengkompres ukuran file exe ini tidak akan mengurangi fungsi dari aplikasi yang kita buat, aplikasi tetap berjalan normal seperti biasa sebelum file di kompres. Semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat buat sobat semua dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "CARA KOMPRES FILE EXE HASIL COMPILE DELPHI"

wah mantep sudah tingkat suhu nih pembahasan artikelnya

ga juga kang....cuma berbagi apa yang saya tau aja kang....kalo punya aplikasi yang ingin dikecilin exe nya bisa di coba kang....

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status