Monday, 3 April 2017T4/03/2017 11:14:00 pm

MEMBUAT LAPORAN DI DELPHI MENGGUNAKAN FAST REPORT

Salam blogger….pada postingan kali ini saya akan share cara mudah untuk membuat laporan di Delphi dengan mengggunakan fast report. Fast report merupakan salah satu komponen yang dapat mendesign laporan yang dihasilkan dari database yang kita gunakan di Delphi. Komponen fast report merupakan salah satu komponen yang paling mudah digunakan dalam mendesign atau membuat sebuah laporan dari project Delphi yang kita buat, selain itu tampilan laporan yang dibuat menggunakan fast report pun terbilang sangat menarik. Komponen fast report ini terpisah dari Delphi, jadi jika sobat ingin menggunkan komponen ini sobat terlebih dahulu harus menginstall nya pada Delphi sobat. Jika belum memiliki komponen fast report ini sobat dapat mengunduh / download komponennya dan membaca langkah – langkah proses penginstalannya disini.

Jika sudah memiliki komponen fast reportnya langsung saja kita akan belajar cara membuat laporan sederhana. Pertama – tama sobat siapkan terlebih dahulu database yang akan sobat gunakan untuk menampung data yang dibuat menjadi sebuah laporan. Pada contoh kali ini saya menggunakan database ms. Access 2007 sebagai database nya. Disini saya sudah membuat sebuah tabel pegawai dengan jumlah record yang akan dibuat menjadi laporan. Contoh database nya ada pada gambar dibawah ini.
Disini saya anggap untuk pembuatan database nya sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah project Delphi baru lalu design tampilan formnya seperti gambar dibawah ini. 

Jika sudah lalu tambahkan komponen dibawah ini kedalam form tersebut

  • 1 buah groupbox

  • 2 buah button

Jika sudah selanjutnya tambahkan komponen untuk membuat koneksi database dan komponen fast reportnya yaitu :

  • 1 buah Adoconnection

  • 1 buah adoquery

  • 1 buah frxDBdataset1

  • 1 buah frxReport

Jika sudah selanjutnya buat koneksi database yang sudah kita buat tadi menggunakan adoconnection1 cara klik 2x pada adoconnection1 lalu pilih build lalu pilih Microsoft.Jet.OLEDB.4.0 lalu browse path tempat kita menyimpan database acces yang kita buat td, lalu klik OK. Jangan lupa false kan loginPrompt nya, selanjutnya ubah connected menjadi true, jika tidak ada pesan error berarti koneksi yang kita buat berhasil.

Selanjutnya hubungkan adoquery1 dengan adoconnection1, cara nya klik  pada adoquery1 lalu pada object inspector pilih connection= adoconnection1 lalu pada sql nya ketikan kata berikut tanpa tanda petik “ select * from tbpegawai” . (tbpegawai merupakan nama tabel pada database yang dibuat sebelumnya silahkan disesuaikan). Jika sudah lalu klik 2x pada adoquery1 lalu klik kanan dan pilih add all fields . maka akan muncul semua field data yang ada pada tabel pegawai tersebut.
Selanjutnya pada klik pada frxDBdataset, lalu pada object inspector pilih dataset= adoquery1. Lalu klik 2x pada frxdataset nya untuk melihat file yang sudah dikoneksikan dengan adoquery1 tadi.

Jika sudah selanjutnya klik 2x pada frxreport nya. Maka akan tampil lembar kerja untuk kita membuat laporan nya. Langkah selanjutnya adalah pada menu di pojok kiri pilih report lalu pilih data lalu beri centang pada FrxDBdataset1. Jika sudah selanjutnya kita akan mendesain laporannya.

Langkah – langkah nya adalah sebagai berikut :

1. Pilih insert band pada tool dikiri lembar kerja lalu tambahkan report title , header, dan master data.(contoh pada gambar)

2. Selanjutnya tambahkan memo secukup nya untuk memberikan nama title di laporan tersebut. Lalu tambahkan juga memo di header sebagai judul tabel (contoh pada gambar)
3. Selanjutnya drag field yang ada disebelah kanan kedalam master data sesuaikan dengan field yang akan di tampilkan . (contoh pada gambar)

4. Jika sudah untuk dapat melihat hasil nya silahkan sobat klik icon kaca pembesar / preview pada lembar kerja atau cara singkat nya bisa dengan cara menekan CTRL + P 

5. Jika sudah selanjutnya close lembar kerja frxreport, lalu kita akan membuat perintah program pada button preview yang ada di form. Cara klik 2 kali lalu tambahkan coding program di bawah ini :

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
adoquery1.Open;
if  adoquery1.RecordCount > 0 then
frxreport.ShowReport()
else
Application.MessageBox('Tidak ada data di filter yang dipilih','Info', mb_Ok + Mb_ICONINFORMATION);
end;

6. Lalu pada tombol close tambahkan koding application.terminated; Jika sudah selanjutnya coba jalankan programnya dengan cara menekan run/F9  lalu klik button preview dan lihat hasilnya

Demikian postingan yang dapat saya share kali ini tentang cara membuat laporan dengan menggunakan fast report di Delphi,pada tutorial ini saya hanya menjelaskan cara sederhananya saja, selanjutnya sobat dapat menambahakan beberapa komponen dan cara penyajian yang berbeda sesuai dengan keinginan sobat, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua dan selamat mencoba.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "MEMBUAT LAPORAN DI DELPHI MENGGUNAKAN FAST REPORT"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status