Monday, 15 May 2017T5/15/2017 11:14:00 pm

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyebaran Virus Ransomware WannaCry

Salam blogger……baru baru ini dunia dihebohkan dengan serangan virus ransomware WannaCry, dimana sedikitnya 99 negara sudah diserang oleh malware ini, termasuk Indonesia, Di Indonesia sendiri berdasarkan laporan yang diterima oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), serangan dari malware ini sudah ditujukan ke Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais. Penyebaran ransomware WannaCry  sangat menimbulkan kekhawatiran besar. Program malware jahat ini bisa masuk diam-diam ke komputer tanpa diketahui, lantas mengenkripsi data di dalamnya sehingga komputer terkunci dan tidak bisa dipakai.
Jika dibanding virus ransomware lain, WannaCry ini nampaknya lebih canggih dan berbahaya. Ransomware ini tak butuh campur tangan pengguna untuk bisa menginfeksi komputer. Yang diperlukan untuk menyebar hanyalah koneksi ke jaringan. Begitu berhasil masuk ke satu komputer di sebuah lingkungan kantor atau instansi yang terhubung dalam jaringan LAN, worm dalam WannaCry akan secara otomatis akan mencari sendiri komputer lain di network yang rentan untuk diinfeksi.

Akibat dari serangan WannaCry ini komputer-komputer yang diserang akan terkunci. Data didalamnya dienkripsi sehingga tidak bisa diakses. Malware hanya menampilkan pesan di layar komputer yang isinya meminta tebusan sejumlah uang $300 dalam bentuk mata uang virtual Bitcoin yang transaksinya tak bisa dilacak.

Untuk mencegah penyebaran malware ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah merumuskan langkah-langkah pencegahan infeksi ransomware WannaCry.

Berikut langkah – langkah yang dilakukan untuk pencegahan virus ini menginfeksi komputer / pc sobat :

1. Sebelum menghidupkan komputer/server, terlebih dahulu matikan hotspot/wifi dan cabut koneksi kabel LAN/internet.

2. Setelahnya, segera pindahkan data ke sistem operasi non Windows (Linux, Mac) atau lakukan Backup (copy) data-data ke media lain yang terpisah.

3. Baru dapat aktifkan koneksi wifi dan LAN/internet.

4. Selanjutnya Lakukan update security pada sistem operasi Windows dengan menginstall patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh Microsoft. Lihat di link : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx . Updating sebaiknya dilakukan dengan cara mengambil file patch secara download menggunakan komputer biasa.

5. Lakukan update antivirus. Contoh antivirus: Kapersky Total Security, Eset, Panda, Symantec, yang bisa didownload versi trial untuk 30 hari gratis dengan fungsi atau fitur penuh dan update. Pastikan antivirus meliputi Anti Ransomware.

6. Non-aktifkan fungsi SMB (Server Message Block) cara nya Tekan Windows + R kemudian ketik di dialog box yang keluar “optionalfeatures” tanpa tanda petik , Kemudian matikan Fitur SMBV1,  caranya cukup dengan Hilangkan centang kemudian klik OK dan restart Komputer / laptop anda

7. Non-aktifkan fungsi Macros. Caranya masuk MS Office word kemudian klik File / Logo office – Option – Trust Center – Trust Center Setting – macros Setting – pastikan pilihan ada di Disable jangan sampe fitur ini sedang enable. Lakukan hal yg sama pada Excel, Powerpoint, Outlook dan semua produk MS Office yg anda miliki

8. Blokir port 139/445 dan 3389 pada komputer Anda. Cara nya adalah sebagai berikut :

  • jalankan  windows run (Windows + R) ketik “cmd” : Kemudian masukkan perintah  “wf.msc” , tanpa tanda petik kemudian tekan enter.
  • Tunggu Hingga muncul Windwos Firewall Lalu Pilih advance setting
  • Inbound rules -> pilih New Rules
  • Pilih Port -> next
  • Pilih tcp dan Specific Potr isi 139,445,3389 -> next
  • Block Connection, Kemudian next
  • Centang public,home,private -> next
  • Name (isi terserah contoh : Block Ransomware Wannacry) -> Selesai Anda telah memblock Port yg digunakan Ransomware. lalu klik Finish
Sampai artikel ini diturunkan belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file-file yang sudah terinfeksi oleh Wannacry. Akan tetapi memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran Wannacry ke komputer lain yang rentan terserang.

Demikian info yang dapat saya berikan kali ini kepada sobat semua, semoga dapat membantu untuk menanggulangi malware ini di komputer sobat. Jika sobat ada tips lainnya kiranya untuk dapat menambahkannya di kolom komentar. Terima kasih
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi dan Mencegah Penyebaran Virus Ransomware WannaCry"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status