Thursday, 11 May 2017T5/11/2017 08:56:00 pm

Cara Penggunaan Query di Delphi

Salam blogger....pada postingan artikel kali ini saya akan membahas tentang cara penggunaan perintah query pada komponen query di delphi. Query merupakan perintah yang diberikan kepada database sebagai usaha untuk memanipulasi data. Query biasanya berupa perintah untuk menampilkan/mencari data, mengubah data, dan menghapus data. Sebuah query memerlukan perintah-perintah SQL (Structured Query Language). Dengan komponen Query kita dapat sebuah query dengan menggunakan property SQLnya, dan ini jauh lebih mudah daripada mengatur tabel. Komponen query mempunyai properti datasetName seperti komponen table tetapi tidak mempunyai properti TableName. Tabel yang akan diakses ditentukan melalui perintah SQL yang dimasukan ke dalam properti SQL.
penggunaan query dalam membangun sebuah aplikasi sangat diperlukan, baik itu untuk menampilkan data, pencarian data, ataupun insert, update, dan delete pada data. berikut contoh penulisan perintah SQL sederhana :
select * from tbbarang
pada perintah sql diatas menerangkan perintah untuk menampilkan semua data yang ada pada tabel barang (tbbarang merupakan nama tabel)
select * from tbbarang
where tbbarang.namabarang="gula"
perintah sql diatas untuk menampilkan semua record barang dengan nama gula saja pada tabel barang.
select * from tbbarang
where tbbarang.namabarang like 'gula%'
maka perintah  sql diatas akan menampilkan semua record data barang dengan nama barang yang berawalan gula pada tabel barang.
select * from tbbarang
where tbbarang.namabarang like '%gula%'
perintah sql diatas akan menampilkan semua record yang awalan dan akhiran nama barang ada kata gula nya, Karakter persen dapat diartikan apa saja.’%gula% artinya apa saja yang ditengahnya terdapat teks ‘gula’, tidak peduli teks apa yang mengawalinya dan yang menyudahinya.  
select * from tbbarang
order by tbbarang.namabarang asc
Perintah sql diatas adalah menampilkan semua record nama barang dengan urutan dari A - Z. Record hasil query dapat diurutkan dengan menambahkan klausa ORDER BY pada bagian akhir perintah SELECT. Klausa ORDER BY diikuti oleh nama field yang dijadikan dasar pengurutan. Praktikan dapat menambah klausa DESC untuk mendapatkan hasil pengurutan terbalik (descending z,y,x…..c,b,a) atau menyertakan klausa ASC berarti pengurutan dilakukan secara normal (defaultnya pengurutan dilakukan secara ascending yaitu urutan dari A - Z).

Demikian artikel saya kali ini tentang cara penggunaan sql query pada komponen query delphi yang dapat saya bagikan kepada sobat semua, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi sobat semua. akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Penggunaan Query di Delphi"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status