Sunday, 18 June 2017T6/18/2017 11:13:00 pm

Cara Membuat Installer Delphi dengan Database Mysql Menggunakan SFX Tools

Salam blogger……pada kesempatan kali ini saya akan share cara membuat installer atau setup program exe Delphi dengan database mysql. File installer merupakan gabungan beberapa file yang di kompres menjadi satu paket instalasi. Adapun kegunaan dari proses file instalasi ini bertujuan untuk mengekstrack file program yang sudah kita gabungkan baik itu exe hasil program Delphi dengan database mysql yang sudah kita buat sebelumnya ke directory yang sudah kita tetapkan. 

Membuat sebuah file instalasi program merupakan sebuah hasil akhir yang kita lakukan sebelum program digunakan oleh orang lain. Hal ini bertujuan untuk menyederhanakan hasil program yang sudah kita buat tanpa menyertakan code program nya. Karena pada dasarnya program atau aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Delphi baik itu dari Delphi 7, Delphi 2010, Delphi XE dan Delphi versi terbaru lainnya dapat dijalankan tanpa harus menyertakan code program nya. Ada banyak tool yang dapat digunakan dalam membuat sebuah file instalasi hasil program diantaranya adalah  menggunakan Inno setup, SFX tool, Advanced Installer, Installshield Express dan tool yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat installer (setup) program exe Delphi dengan menggunakan tool Inno setup dan SFX tool. Dan database yang saya gunakan kali ini adalah database mysql yang ada di Xampp. Untuk koneksi program Delphi ke database mysql nya saya menggunakan komponen dari Zeoslib. Saya rasa disini sobat sudah mengerti cara membuat program Delphi dengan koneksi Zeos, jika belum sobat bisa (baca juga : cara membuat program Delphi dengan koneksi Zeos menggunakan database mysql). Dan untuk database nya saya menggunakan database mysql. Pada database yang dibuat di xampp saya menggunakan user : root dan password : root , jadi pastikan project Delphi sobat saat dikoneksikan menggunakan user dan password : root(baca juga : cara membuat database mysql di xampp). Untuk dapat membuat user dan password di phpmyadmin xampp (baca juga: cara membuat user dan password di phpmyadmin xampp).

Jika sudah membuat database dan program Delphi nya maka langkah selanjutnya adalah membuat file instalasi nya agar dapat dijalankan pada komputer lain.  Membuat sebuah file instalasi program Delphi yang menggunakan database mysql sedikit rumit jika dibandingkan dengan membuat file instalasi program Delphi dengan menggunakan database ms. Access. Karena jika menggunakan database access kita hanya perlu meletakan database access nya sesuai dengan path atau directory yang sudah kita tentukan di program Delphi nya. Berbeda hal dengan database mysql, kita perlu sedikit trik agar koneksi dari database mysql nya dapat berjalan dengan lancar jika di jalankan di komputer lain. 

Untuk dapat melanjutkan ke tahap pembuatan file installer nya ada beberapa file dan tool yang perlu kita siapkan. Berikut tool dan file yang harus kita siapkan :
  • Inno setup, jika belum mempunya tool nya sobat dapat download tool nya disini. Install tool tersebut sampai selesai.
  • SFX tools,  jika belum mempunya tool nya sobat dapat download tool nya disini. Install tool tersebut sampai selesai.
  • Script inno setup Mysql non installer, sobat dapat download scriptnya disini.
  • File Mysql non installer, sobat dapat download file nya disini.

Jika sobat sudah memiliki tool dan file diatas, maka selanjutnya kita akan melakukan proses pembuat instalasi nya, adapun cara nya adalah sebagai berikut :

1. Pertama tama buat sebuah folder dengan nama “Install” pada directory D:\ . sehingga path folder nya menjadi D:\Install.
2. Lalu selanjutnya extract Script Inno setup Mysql non installer kedalam folder D:\Install.
3. Lalu extract juga file Mysql non installer kedalam folder D:\Install
4. Lalu copy file exe hasil compile program Delphi dan paste kan kedalam folder D:\Instal. (ingat yang dicopy hanya file exe hasil compile program)
5. Selanjutnya copy juga file libmysql.dll di project program Delphi sobat dan pastekan kedalam folder D:\Install. 

6. Jika sudah langkah selanjutnya adalah merubah engine table pada database yang ada di phpmyadmin xampp. Cara nya Akses PHPMyAdmin Pada Browser sobat (disini saya Menggunakan Xampp) -> Pilih Database yang anda gunakan, lalu pilih semua tabel yang ada di database -> Operation. Lalu pilih MYISAM pada Storage Table lalu klik Go.  Lalu Perhatikan Gambar Berikut :

7. Jika sudah matikan port server mysql dan apache di control panel Xampp, dan Copy Folder Database Anda. Karena saya menggunakan Xampp Jadi Folder Database saya Berada di C:\xampp\mysql\data\dabatase sobat,   lalu copy folder database sobat ke Folder D:\install\mysql\data\
8. Jika sudah selanjutnya Buka File script inno setup mysql-installer.iss kemudian tekan CTRL+f9 (Compile). Sampai disini Anda Sudah berhasil membuat File setup untuk MySQL Hasilnya dapat dilihat pada D:\install\Output
9. Langkah selanjutnya kita akan menggabungkan file yang ada di Drive D:\Install menjadi sebuah setup file install dengan menggunakan SFX Tools. Jalankan SFX tool nya , maka tampilannya seperti pada gambar dibawah ini.

10. Selanjutnya  tambahkan File-File yang akan digabungkan menjadi satu paket instalasi. Caranya klik add file(s) lalu tambahkan file exe hasil program, libmysql.dll , dan setup-msql.exe.

  • Pada installer option isi installer name = nama instalasi program sobat
    Pada Destination Directory = isi dengan path penempatan folder program delphi sobat .(disini folder program saya buat di C:\Program Files\BARU)
    Berikut tampilannya setelah semua file ditambahkan :
  • Selanjutnya klik button Advanced Options :
    Pada Installer Options -> Centang Semuanya Pilihan yang ada
  • Pada License -> Isi dengan Keterangan Lisensi Aplikasi Anda. (dikosongkan juga tidak masalah)
  • Pada Shorchut -> Klik Button New kemudian isi dengan Nama Aplikasi dan Target file , lalu klik Apply. Begitupun dengan Desktop Icon :
  • Pada Bagian Finish Page dikosongkan saja
    Pada Run Executable -> isi pada bagian First Executable : setup-mysql.exe lalu centang pada kotak wait until executable has terminated,
  • Pada Localization -> Lokasi Anda (Bahasa Instalasi Akan disesuaikan dengan Lokasi yang anda Pilih).
  • Pada Themes -> Pilih Tema yang anda Inginkan
  • Pada Backgorund -> Pilih Background yang akan anda gunakan pada saat proses instalasi (bisa menggunakan Warna atau gambar). Dikosongkan juga tidak masalah.
  • Setelah semua diatur Klik Button Back to Main Menu Kemudian Generate Script -> Beri Nama Sesuai Keinginan Anda -> Save
  • Compile Script.
  • Tunggu proses sampai selesai, lalu klik close dan pilih exit, dan hasil setup installer dapat anda lihat di drive tempat anda menyimpan setup installer nya.

11. Selanjutnya untuk menguji setup installer yang sudah sobat buat, silahkan sobat jalankan / install setup yang dibuat tadi pada komputer atau pc lain. Dan jalankan program nya.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang cara membuat paket instalasi program compile Delphi dan database mysql dengan menggunakan inno setup dan SFX tools yang dapat saya share kepada sobat semua, semoga dapat bermanfaat buat sobat semua, disini juga saya sertakan contoh file setup installer yang sudah saya buat, sobat dapat download setup nya pada link dibawah. jika ada pertanyaan silahkan isi pada kolom komentar, untuk tutorial tentang cara install dengan menggunkan tool laiinya akan saya share pada artikel selanjutnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Membuat Installer Delphi dengan Database Mysql Menggunakan SFX Tools"

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini,
Terima kasih sudah :
1. Berkomentar dengan sopan
2. Tidak meninggalkan link aktif dalam form komentar
3. Berkomentar sesuai postingan / artikel
4. Tidak membuat komentar yang mengandung SARA / SPAM
5. Memberikan informasi link / script yang tidak berfungsi

Terima Kasih Sudah Berkomentar

PENDAPAT ANDA TENTANG BLOG INI ?

Follow by Email

 
Copyright © 2014 uduy macal blog's - All Rights Reserved
Template By Kuncidunia
DMCA.com Protection Status